Rerahinan Anggara Kasih. Merupakan momentum yang baik untuk menerapkan cinta kasih kepada semua mahluk hidup

Anggara kasih adalah hari raya yang berdasarkan pertemuan antara wuku dengan (Panca waranya Kliwon dan saptawaranya Anggara/Selasa). Dengan demikian setiap Anggara(Selasa) kliwon, maka hari itu disebut Anggara Kasih. Pada hari ini beryogalah Sang Hyang Ayu, Sang Hyang Ludra. Persembahan berupa canang, semoga beliau melimpahkan welas asihNya, menghilangkan/melebur segala keletuhan (kekotoran) di dunia.
Nama dari Anggara kasih itu disesuaikan dengan nama wuku di mana anggara kasih itu jatuh pada wuku tersebut, yaitu Kulantir, Julungwangi, Medangsia, Tambir, Perangbakat dan Dukut. Jarak antara masing-masing anggara kasih adalah 35 hari. Anggara Kasih merupakan hari untuk melakukan pemujaan kepada Tuhan, mewujudkan cinta kasih kepada diri dengan cara melakukan brata penyucian diri serta memohon limpahan kasih sayang dari Tuhan agar kehidupan ini terhindar dari kekerasan, konflik dan kejahatan. Pada hari ini juga umat Hindu sepatutnya mewujudkan kasih sayang kepada semua makhluk hidup.

Jika kita melihat disekitar kita terutama umat agama lain, situasinya tidak jauh berbeda. Seperti pada Islam, menjelang Idul Fitri diwajibkan ada pembagian zakat kepada orang yang berhak akan hal itu. Pada umat Nasrani, pada hari Natal ada tokoh unik Sinterklas, yang datang mengunjungi umat memberikan banyak hadiah dan hiburan, sedangkan pada agama Budha dan Konghucu, setelah pemujaan di Vihara ada umat yang memberikan angpao (hadiah) kepada orang yang membutuhkannya. Pada intinya, semua agama mengajarkan dan menganjurkan kepada umatnya untuk saling mengasihi dan saling menghidupi, dalam agama Hindu dikenal istilah parasparam bhavayantah. (majalahraditya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s