Dangsil Tungguh

 

“Dangsil” img_1105berasal dari kata Dang dan sila yang artinya Dang bermakna matang atau sempurna sedangkan Sila berarti sima atau prilaku kebiasaan, jadi Dangsil bermakna Suatu kegiatan atau tradisi untuk meraih kesempurnaan dalam hal ini adalah bagaimana upaya kita untuk mencapai kesempurnaan hidup dengan melaksanakan tradisi ritual yang terus menerus untuk meraih kesempurnaan hidup yaitu senantiasa bersyukur atas limpahan rahmat Ida S.Widhi Wasa Tuhan Yang Maha Esa.

“Tungguh” berasal dari kata tangguh yang artinya sukar dikalahkan; kuat sekali; andal tabah dan tahan; kukuh; keuletan; kekukuhan. Yang dipakai sarana bambu sebagai penyangga dasar yang tinggi.

Yang dihiasi dengan janur dan jajan bali yang dikenal (jaje bekayu)  sebagai persembahan hasil bumi dan di pasang sepasang penjor dan 2 pasang tedung sesuai warna kuning,putih, hijau dan merah. yang terdiri dari 4 empat buah Dangsil Tungguh.

Yang merupakan simbul sebagai kebesaran Ida Hyang widhi Wasa yang mengatur kehidupan, kekayaan, dan kemakmuran serta keselamatan bagi umat-Nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s